Saturday, April 7, 2012

Tips Agar Tidak Bosan Membaca Buku Pelajaran.

Temen temen tau gak kenapa kita lebih cepet bosen saat membaca buku - buku pelajaran dibanding buku cerita? Karena tingkat ingin tahu dan rasa penasaran terhadap isi buku cerita lebih tinggi dari pada buku ilmiah. Maka, bisa ktia lihat banyak remaja yang lebih betah melototin buku JK. Rowling, cerpennya Mbak Asma Nadia, novelnya Kang Abik atau Bang Andrea Hirata meski tebelnya sampe ratusan halaman. 

Ya keingintahuan bisa mengalahkan rasa kantuk saat membaca sehingga tak sadar kita telah melahap berbagai bacaan. Bagaimana solusinya ?Solusinya adalah, meningkatkan rasa penasaran dan keingintahuan kita terhadap ilmu.

Mungkin selama ini kita menganggap Fisika sebagai momok. memang, hitung - hitungan yang kerap keluar di soal ujian bikin pusing kepala. namuin, cobalah melihat sisi menarik dari Fisika. Baca pengetahuan populer tentang Fisika, pasti kita akan menemukan sesuatu yang sangat menarik. Misalnya bagaimana teori relativitas Einstein bisa membuat seorang menjadi 'awet muda'. Hal - hal menarik dari ilmu itu akan membuat kita penasaran, sehingga akhirnya berusaha mencari tahu sendiri. Walaupun tanpa dipaksa, walaupun terkadang juga tidak keluar di ujian. Ini akan membuat proses belajar kita terasa lebih menyenangkan. Bukankah ini alasan sesungguhnya kita belajar? Karena kita selalu dan selalu ingin tahu.

Begitu juga dengan Biologi. Untuk membangkitkan rasa penasaran dan ingin tahu, coba kita lihat masalah di lingkungan sekitar dan pikirkan bagaimana bisa mengatasinya. Misalnya, Ibu kita mengidap obesitas dan perlu diet. Tidak perlu kan kita membuang uang untuk konsultasi ke pakar nutrisi jika kita menguasai Biologi dengan baik. Pikirkan bahwa kita bisa membantu orang - orang disekitar kita dengan ilmu yang kita pelajari. Yakinkan diri bahwa ilmu itu sangat bermanfaat, jauh lebih berharga dari pada hanya sekedar selembar kertas ujian. Itu akan membuat kita belajar tanpa harus merasa tertekan.

Semoga bermanfaat.