Monday, April 2, 2012

Dasar - Dasar Tenses

Hal lain yang sangat penting untuk dipelajari dalam bahasa Inggris adalah tenses, yaitu perubahan bentuk-bentuk kata kerja yang sesuai dengan keterangan waktunya. Tenses sangatlah penting untuk dipelajari, karena pada hakekatnya setiap kalimat dalam bahasa inggris sudah pasti mengandung tenses.


Sebagaimana telah disebutkan di atas bahwa tenses merupakan perubahan-perubahan bentuk kata kerja dan to be yang sesuai dengan keterangan waktunya. Oleh karenaya, untuk dapat menguasai tenses dengan baik, kita harus menguasai pula perubahan-perubahan bentuk kata kerja, yaitu dengan kata kerja bentuk ke - 1 (invinitive), kata kerja bentuk "ing", kata kerja bentuk ke - 2 dan kata kerja bentuk ke - 3 (past participle), seperti yang telah diterangkan pada artikel empat bentuk kata kerja sebelumnya.

Dalam bahasa Indonesia, kita tidak mengenal tenses, karena bentuk kata kerja dalam bahasa Indonesia tidak berubah walaupun keterangan waktunya berbeda-beda, seperti contohnya di bawah ini :
Saya pergi ke sekolah setiap hari.
Saya pergi ke sekolah kemarin
Saya pergi ke sekolah besok
Saya pergi ke sekolah sejak minggu yang lalu

Apabila kita perhatikan contoh - contoh kalimat di atas, maka jelas sekali bahwa kata kerja pergi tidak mengalami perubahan apa - apa walaupun keterangan waktunya berbeda - beda, yaitu setiap hari, kemarin, besok, sejak minggu yang lalu.

Lain halnya dala bahasa Inggris, setiap kata kerja akan mengalami perubahan - perubahan sesuai dengan keterangan waktunya, lihat contoh - contoh berikut ini :
I go to school every day.
I went to school yesterday
I will go to school tomorrow
I have gone to school since last week

Dari contoh - contoh kalimat ini, kita melihat bahwa kata kerja mengalami perubahan bentuk yang sesuai dengan keterangan waktunya, yaitu go, went, will go, dan have gone. 

Untuk macam-macam tensesnya saya akan menuliskan pada artikel berikutnya. Semoga bermanfaat teman-teman