Sunday, April 1, 2012

Tips dan Trik Menghadapi Ujian Nasional

Kalian tentu ingin sukses saat menghadapi Ujian Nasional bukan? kesuksesan kalian pasti akan membuat banggga orang tua, teman, guru, sekolah, dan tentu diri kalian sendiri. Namun, menggapai kesuksesan itu bukan hal yang mudah. Jadi, perlu ada perjuangan dan usaha keras. Salah satunya dalah belajar yang maksimal. Selain itu kalian juga perlu menghetahui tip dan trik bagaimana menghadapi Ujian Nasional agar kesuksesan yang kalian tunggu itu akan semakin dekat.


Nah, berikut ini beberapa tips dan trik sebagai strategi teman teman untuk menghadapi UAN

A. Sebelum Ujian
Mempersiapkan Diri
Mempersiapkan diri dengan belajar tentu jadi kunci utama. Kalian dapat melakukan itu dengan cara kalian supaya semua materi dan rumus bisa dikuasai. Tentu saja, semua itu tidak bisa dilakukan hanya dalam waktu sehari atau dua hari, apalagi semalam. Belajar perlu proses, bukan sulap... Jadi, akan jauh lebih baik jika teman-teman mulai mencicil belajar jauh jauh hari sebelum waktu ujian dimulai. Yang tidak kalah penting, lakukan latihan pra ujian / tryout.

Ukur Kekuatan
Seperti halnya ingin perang, coba ukur kekuatan dan kelemahan. Ini penting, jadi datalah kekuatan, kemampua dan kelemahan yang dimiliki berkaitan dengan materi pelajaran. Jadikan kekuatana sebagai motivator dan kelemahan ditutupi denan strategi belajar yang tepat.

Jaga Kesehatan 
Penguasaan materi dan rumus tidak akan banyak membantu kalau saat ujian berlangsung tubuh kalian dala kondisi tidak fit, apalagi sakit. Jagalah kesehatan supaya saat ujian tubuh dalam keadaan bugar sehat dan fit. Jangan lupa mengkonsumsi makanan bergizi dan olahraga. Menjelang hari ujian, sebaiknya jangan kurang tidur. Beberapa pakar bahkan menyarankan jangan belajar terlalu malam menjelang ujian supaya santai dan fresh keesokan harinya.

Siapkan Perlatan Ujian Dengan Baik
Yang satu ini jangan sampai terlewat. Pastikan semua peratalan yang dibutuhkan telah siap, seperti pensil, pulpen, kamus, jam (tangan), penghapus, tip-eks, dan penggaris. Perlengkapan ini akan membantu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian. Hindari pinjam alat tulis. Selain membuang waktu, ini akan merepotkan teman pada saat ujian.


B. Menjelang Ujian
Datanglah lebih awal
Paling tidak, datang 15 menit sebelum ujian dilaksanakan. Dengan begitu, teman teman akan mempunyai waktu buat mempersiapkan mental dan fisik, yang akhirnya akan membantu leih berkonsentrasi selama ujian berlangsung.

C. Pada Saat Ujian
Buat Suasana Nyaman
Pastikan tempat ujian nyaman dan tidak mengganggu konsentrasi. pertahankan posisi duduk tegak. Ini akan menjaga konsentrasi.

Berdoa
Mualailah ujianmu dengan doa. Mohonlah dengan segala kesantunan, kerendahan hati, kepasrahan dan ketulusan agar dimudahkan dala menyelesaikan soal-soal ujian. Ingat, tidak ada yang tidak mungkin dalam kuasa-Nya. Hadirkan hatimu dala berdoa. Yakinlah, setelah itu diri kalian akan lebih tenang dan percaya diri.

Jangan Tegang.
Kalau ada hal - hal yang membuat tegang atau resah, abaikan saja. Ketegangan akan membuat konsentrasimu buyar.

Baca Perintah Ujian dengan Teliti
Banyak yang kurang peduli atau bahkan sama sekali tidak mau membaca perintah ujian. Padahal, perintah itu adalah panduan supaya teman teman tidak salah memilih jawaban. Jadi, jangan aaikan bagian ini. Bacalah baik - baik dan jangan terburu-buru

Seleksi Soal
Dahulukan soal yang dianggap mudah. Ini akan membuat waktu pengerjaan lebih efisien. Mulailah enjawab pertanyaan yang mudah dulu, kemudian berlanjut pada soal yang sulit. Soal terakhir yang seharusnya kamu kerjakan adalah :
Yang paing sulit 
Yang membutuhkan waktu lama untuk menuliskan jawabannya
Yang meiliki nilai terkecil

Jangan Tergesa-gesa
Jangan pernah mengerjakan soal ujian dengan tergesa-gesa. Jawaban kalian nantinya tidak akan maksimal. Kalaupun sudah selesai, jangan terburu-buru keluar ruangan. Pergunakan sisa waktu untuk memeriksa kebali semua jawaban.

Ketika Mengerjakan Soal-Soal Pilian Ganda,
Ketahuilah Jawaban yang bisa ditebak. Mula - mula, abaikan jawaban yang diyakini salah. Tebaklah selalu jawaban yang menurutmu benar. Tandai terlebih dahulu (menggunakan titik) sebelum dijawab di lembar jawaban asli.

Ketika Mengerjakan Soal Esai 
Pikirkan dulu jawabannya sebelum menulis dan jawab langsung poin utamanya. Buat kerangka jawaban singkat untuk esai dengan mencatat beberapa ide yang ingin ditulis. Berilah nomor pada ide-ide itu. Tulis kalimat pokok pada kalimat pertama. Guanakan paragraf pertama sebagai gagasan utama. paragraf-paragraf selanjutnya dipakai utnuk mejelaskan poin-poin utama secara mendetail. Dukung poinmu dengan informasi khusus, contoh, atau kutipan dari bacaan atau catatanmu.

Sisihkan 10 Menit Waktu Untuk Memeriksa Ulang Jawaban